Senin, 26 Maret 2012

Instalasi Windows Server 2008 DHCP Server

Instalasi Windows Server 2008 DHCP Server
Instalasi Windows Server 2008 Server DHCP mudah. DHCP Server sekarang menjadi "peran" dari Windows Server 2008 - bukan komponen jendela seperti di masa lalu.
Untuk melakukan ini, Anda akan memerlukan Windows Server 2008 sistem telah terinstal dan dikonfigurasi dengan alamat IP statis. Anda akan perlu mengetahui kisaran alamat IP jaringan Anda, kisaran alamat IP Anda akan ingin membagikan kepada klien PC Anda, alamat IP server DNS Anda, dan gateway default Anda. Selain itu, Anda akan ingin punya rencana untuk semua subnet yang terlibat, apa cakupan Anda akan ingin untuk mendefinisikan, dan apa pengecualian Anda akan ingin membuat.
Untuk memulai proses instalasi DHCP, Anda dapat mengklik Tambahkan Peran dari jendela Tugas Konfigurasi Awal atau dari à Server à Peran Manajer Tambahkan Peran.

Gambar 1: Menambahkan Peran baru pada Windows Server 2008
Ketika Wizard Peran Tambahkan muncul, Anda dapat klik Next pada layar itu.
Selanjutnya, pilih yang ingin Anda tambahkan Peran DHCP Server, dan klik Next.

Gambar 2: Memilih Peran DHCP Server
Jika Anda tidak memiliki alamat IP statis yang ditugaskan pada server Anda, Anda akan mendapatkan peringatan bahwa Anda tidak perlu menginstal DHCP dengan alamat IP dinamis.
Pada titik ini, Anda akan mulai diberi prompt informasi jaringan IP, informasi ruang lingkup, dan informasi DNS. Jika Anda hanya ingin menginstal DHCP server tanpa lingkup dikonfigurasi atau pengaturan, Anda bisa klik Next melalui pertanyaan-pertanyaan ini dan lanjutkan dengan instalasi.
Di sisi lain, anda dapat mengkonfigurasi DHCP Server selama ini bagian dari instalasi.
Dalam kasus saya, saya memilih untuk mengambil kesempatan ini untuk mengkonfigurasi beberapa pengaturan IP dasar dan mengkonfigurasi Lingkup pertama saya DHCP.
Saya ditunjukkan jaringan saya mengikat sambungan dan diminta untuk memverifikasi itu, seperti ini:

Gambar 3: Jaringan mengikat koneksi
Apa wizard yang meminta adalah, "apa antarmuka yang Anda inginkan untuk menyediakan layanan DHCP pada?" Saya mengambil default dan klik Next.
Selanjutnya, saya masuk Domain Induk saya, Primer DNS Server, dan DNS Server alternatif (seperti yang Anda lihat di bawah) dan klik Next.

Gambar 4: Memasuki domain dan informasi DNS
Aku memilih untuk TIDAK menggunakan WINS pada jaringan saya dan saya klik Next.
Kemudian, saya dipromosikan untuk mengkonfigurasi DHCP untuk lingkup DHCP Server baru. Saya telah memilih untuk mengkonfigurasi berbagai alamat IP dari 192.168.1.50-100 untuk menutupi Klien PC 25 + pada jaringan lokal saya. Untuk melakukan ini, saya mengklik Add untuk menambahkan ruang lingkup baru. Seperti yang Anda lihat di bawah, saya bernama Lingkup WBC-Local, dikonfigurasi awal dan akhir alamat IP dari 192.168.1.50-192.168.1.100, subnet mask 255.255.255.0, default gateway dari 192.168.1.1, jenis subnet (kabel), dan diaktifkan ruang lingkup.

Gambar 5: Menambahkan DHCP Scope baru
Kembali pada layar Lingkup Tambah, aku klik Next untuk menambahkan ruang lingkup baru (sekali DHCP Server diinstal).
Saya memilih untuk Nonaktifkan modus DHCPv6 bernegara untuk server ini dan mengklik Next.
Kemudian, Saya sudah konfirmasi Seleksi Instalasi DHCP saya (pada layar di bawah) dan mengklik Install.

Gambar 6: Konfirmasi Seleksi Instalasi
Setelah hanya beberapa detik, DHCP Server telah terinstal dan saya melihat jendela, di bawah ini:

Gambar 7: Windows Server 2008 Instalasi DHCP Server berhasil
Aku klik Close untuk menutup jendela installer, kemudian pindah ke bagaimana mengelola Server baru saya DHCP.Bagaimana Mengelola baru Windows Server 2008 DHCP Server
Seperti instalasi, mengelola Windows Server 2008 DHCP Server juga mudah. Kembali di Server saya Manajer Windows 2008 Server, dalam Peran, saya mengklik pada entri DHCP Server baru.

Gambar 8: DHCP Server manajemen di Server Manager
Meskipun saya tidak dapat mengatur lingkup DHCP Server dan klien dari sini, apa yang bisa kulakukan adalah untuk mengelola apa peristiwa, jasa, dan sumber daya terkait dengan instalasi DHCP Server. Jadi, ini adalah tempat yang baik untuk pergi untuk memeriksa status dari DHCP Server dan peristiwa-peristiwa apa terjadi di sekitarnya.
Namun, untuk benar-benar mengkonfigurasi DHCP Server dan melihat apa yang klien telah memperoleh alamat IP, saya harus pergi ke DHCP Server MMC. Untuk melakukan ini, aku pergi ke Start à Administrative Tools à DHCP Server, seperti ini:

Gambar 9: Menjalankan Server DHCP MMC
Ketika diperluas keluar, MMC menawarkan banyak fitur. Berikut adalah apa yang tampak seperti:

Gambar 10: Windows Server 2008 DHCP Server MMC
DHCP Server MMC menawarkan IPv4 & IPv6 DHCP Server Info termasuk semua lingkup, kolam, sewa, pemesanan, lingkup pilihan, dan pilihan server.
Jika saya pergi ke kolam alamat dan pilihan ruang lingkup, saya dapat melihat bahwa konfigurasi yang kita buat ketika kita menginstal Server DHCP itu memang bekerja. IP lingkup rentang alamat yang ada, dan begitu juga DNS Server & default gateway.

Gambar 11: DHCP Server Alamat Renang

Gambar 12: Pilihan Server DHCP Scope
Jadi bagaimana kita tahu bahwa ini benar-benar bekerja jika kita tidak mengujinya? Jawabannya adalah bahwa kita tidak. Sekarang, mari kita menguji untuk memastikan bekerja.Bagaimana kita menguji kami Windows Server 2008 DHCP Server?
Untuk menguji ini, saya punya Klien Windows Vista PC pada segmen jaringan yang sama sebagai server Windows Server 2008 DHCP. Untuk amannya, saya tidak punya perangkat lain di segmen jaringan.
Saya melakukan IPCONFIG / RELEASE maka IPCONFIG / RENEW dan memverifikasi bahwa saya menerima alamat IP dari server DHCP baru, seperti yang Anda lihat di bawah ini:

Gambar 13: klien Vista menerima alamat IP dari DHCP Server baru
Juga, saya pergi ke 2008 Server Windows saya dan memverifikasi bahwa klien Vista baru tercatat sebagai klien pada server DHCP. Ini memang check out, seperti yang Anda lihat di bawah ini:

Gambar 14: Win 2008 Server DHCP telah klien Vista terdaftar di bawah Sewa Alamat
Dengan itu, saya tahu bahwa saya memiliki konfigurasi bekerja dan kita sudah selesai!

1 komentar:

  1. Artikelnya sangat lengkap, pemilihan katanya bagus dan mudah dimengerti,
    terima kasih sudah berbagi, ditunggu kunjungan baliknya gan!!

    Jual Microsoft Office 365
    Jual SQL Server 2014
    Distributor Kaspersky
    Software Pendidikan

    BalasHapus