Selasa, 27 Maret 2012

TEKNIK KALIBRASI BATERAI LAPTOP DAN CARA MERAWAT LAPTOP YANG BENAR

Saya mau share sedikit nih kawan semuanya mengenai "Teknik Kalibrasi Baterai Laptop Dan Cara Merawat Laptop Yang Benar" Langsung saja nih kawan:

1.Jangan mematikan laptop dalam kondisi baterai dibawah < 40% 
Berdasarkan buku yang saya baca di warung sebelah, eh maksud saya di perpustakaan kota B**ra, tapi maaf saya lupa nama bukunya apa, hal ini menyebabkan kerusakan permanen pada baterai laptop.  

2.Jangan chargebaterai hingga kepenuhan saat laptop mati 
Melakukan charge baterai hingga kepenuhan atau terlalu penuh terbukti menyebabkan daya tahan baterai berkurang. Secara teknis memang saya tidak tahu betul, tapi sudah saya buktikan dan teman saya pun juga membuktikannya. Terutama kebiasaan mencharge laptop kemudian ditinggal tidur dan mencabut charge setelah kita bangun, dan lampu led indikator baterai laptopsudah pertanda penuh. 

 3. Jangan melepas baterai ketika laptop dihidupkan (mode AC)
 a. Mode AC tanpa baterai memungkinkan terjadi kerusakan pada motherboard akibat listrik tidak stabil / listrik mati mendadak, dan jika motherboard rusak sama saja dengan kerusakan pada laptop keseluruhan. Tapi memang menghemat baterai 
b.Mode AC dengan baterai memungkinkan terjadi penurunan kualitas baterai tapi sangat aman bagi kesehatan laptop jika terjadi listrik mati mendadak. jadi saya sarankan agar tidak melepas baterai saat menggunakan laptop Pilih mana...? (motherboard yang rusak ? atau baterai yang rusak?)
 4. Lepas baterai laptop jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama (> 24 jam)  

5. Lakukan kalibrasi baterai setiap 30 kali charge (default) Kalibrasi digunakan agar kalkulasi baterai tetap akurat. Berikut caranya: 
a. Charge laptop sampai penuh (100%) dan biarkan kabel charge tertancap selama 2 jam sembari laptopnya digunakan untuk aktifitas 
b. Aktifkan system hibernate
 c. Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai laptop sudah habis (critical battery) 
d. Gunakan laptop dengan aktifitas anda dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate dilakukan
e. Selama hibernate, diamkan laptop selama kurang lebih 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap
 f. Setelah 8 jam, charge lepi selama sampai penuh namun lepi dalam kondisi masih hibernate (belum dihidupkan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar